PERSYARATAN SELEKSI PENERIMAAN CPNS BSSN

  Beranda / Persyaratan

PERSYARATAN SELEKSI PENERIMAAN CPNS BSSN

Persyaratan Umum


  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Sehat jasmani dan kejiwaan.
  3. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika, dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya.
  4. Ketentuan terkait tato/bekas tato dan tindik/bekas tindik :
    1. Wanita tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat;
    2. Pria tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
  5. Untuk pelamar formasi khusus disabilitas pada saat mendaftar menyampaikan surat keterangan disabilitas dari rumah sakit/puskesmas.
  6. Untuk jabatan Penerjemah wajib melampirkan Nilai TOEFL resmi ITP dengan nilai minimal 550 dan Sertifikat Penerjemah pada saat pendaftaran. Nilai tersebut masih berlaku maksimal 2 (dua) tahun sejak tanggal sertifikat dikeluarkan.
  7. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan.
  8. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  9. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota POLRI.
  10. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  11. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  12. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan oleh pemerintah.
  13. Pelamar dari jenis formasi Disabilitas dan Umum merupakan lulusan Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) :
    1. Magister (S2) dari Perguruan Tinggi dan Program Studi terakreditasi dengan IPK minimal 3,00 dari skala 4;
    2. Sarjana (S1) dari Perguruan Tinggi dan Program Studi terakreditasi dengan IPK minimal 3,00 dari skala 4; atau
    3. Diploma (DIII) dari Perguruan Tinggi dan Program Studi terakreditasi dengan IPK minimal 2,75 dari skala 4.
  14. Berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun 0 bulan 0 hari pada saat melamar berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah.


© Bagian Bangkommut BSSN 2018 | Version 3.0